Cara Kompilasi Kernel Di Linux - Tempat Bagi - Bagi Ilmu
Loading...
26 Februari 2012

Cara Kompilasi Kernel Di Linux


Kernel adalah program yang dimuat saat boot yang berfungsi sebagai interface antara user-level program dengan hardware. Fungsinya seperti layaknya sistem operasi, menangani task switching dalam multitasking, menangani permintaan membaca atau menulis peralatan disk, melakukan tugas-tugas network serta mengatur penggunaan memori.
Secara teknis Linux hanyalah sebuah kernel. Program lain seperti kompiler, editor, window manager dsb yang disertakan dalam paket hanyalah sebuah distribusi yang melengkapi kernel menjadi sebuah sistem operasi yang lengkap.
Kadang-kadang sebuah kernel memerlukan konfigurasi agar bisa bekerja optimal pada sebuah mesin. Kernel ini pada umumnya sudah bisa langsung bekerja dibanyak komputer tanpa perlu konfigurasi ulang lagi karena didalamnya sudah dimuat dukukungan untuk beberapa device. Konfigurasi ulang bisa dilakukan bila ada tambahan device baru yang belum dimuat atau dianggap muatannya terlalu banyak sehingga memakan banyak memori.
Setelah dilakukan konfigurasi, tahap berikut adalah melakukan kompilasi untuk mendapatkan kernel yang baru.Tahap kompilasi ini sangat potensial menimbulkan kesalahan dan kadang membuat frustrasi bila terus-menerus mengalami kegagalan. Sebelum mengalami musibah tersebut, mempersiapkan emergency boot disk
karena pada umumnya kesalahan akan mengakibatkan sistem mogok.

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk mengkompilasi ulang kernel di semua jenis linux (kecuali slackware dan gentoo),saya memakai kernel 2.6.21.6.tar.bz2,silahkan ganti sesuai versi kernel anda..

1.                 cp linux-2.6.21.6.tar.bz2 /usr/src
Menyalinkan source kernel ke folder /usr/src (diasumsikan kita sedang berada pada suatu folder tempat anda menyimpan file linux kernel).

2.                 cd /usr/src
Berpindah direktori/folder ke folder /usr/src.

3.                 tar -xjvf linux-2.6.21.6.tar.bz2
Mengekstrak source kernel.

4.                 cd linux-2.6.21.6
Berpindah direktori/folder ke folder /usr/src/linux-2.6.21.6.

5.                 cp /boot/config-2.6.18-8.el5 .config
Menyalinkan file konfigurasi yang lama, untuk mempermudah konfigurasi berikutnya.

6.                 make menuconfig
Menjalankan konfigurasi untuk kernel baru yang akan dikompilasi.

7.                 make
Mengkompilasi kernel beserta modulesnya.

8.                 make modules_install
Menyalinkan semua module yang sudah dikompilasi ke folder /lib/modules

9.                 make install
Menyalinkan kernel baru, System.map, membuat file initrd.img ke folder /boot, dan menambahkan opsi pilihan booting dengan kernel yang baru pada boot loader.

10.                reboot
merestart komputer

0 Komentar:

Posting Komentar

 
TOP