Cara Membuat Touchpad pada Laptop ASUS Berjalan - Tempat Bagi - Bagi Ilmu
Loading...
12 Februari 2013

Cara Membuat Touchpad pada Laptop ASUS Berjalan


Saya hampir putus asa ketika mencari tentang masalah touchpad pada laptop saya ASUS X43U. ASUS kini tidak menggunakan Synaptics lagi (di laptop saya dan sebagian besar laptop ASUS saya mendengar), digantikan oleh Elantech. Dan, di Ubuntu umum masih menggunakan Synaptics secara default. Satu-satunya masalah adalah, touchpad menjadi tidak dikenali, dan dibaca sebagai PS/2 mouse, bukan touchpad, Setelah beberapa hari berselancar di-out Ubuntu Forum, blog dan website, akhirnya hari ini (tadi) saya menemukan solusi tentang cara mengaktifkan touchpad (termasuk multi-tap, dua jari bergulir, klik tap dll).

Caranya Yaitu:

  1. Buka Terminal
  2. sudo apt-get install dkms
  3. cd /usr/src/
  4. sudo wget http://planet76.com/drivers/elantech/psmouse-elantech-v6.tar.bz2
  5. sudo tar jxvf psmouse-elantech-v6.tar.bz2
  6. sudo dkms add -m psmouse -v elantech-v6
  7. sudo dkms build -m psmouse -v elantech-v6
  8. sudo dkms install -m psmouse -v elantech-v6
Setelah operasi di atas, hanya cukup reboot laptop kalian atau memuat modul touchpad tanpa laptop di  restart dengan mengetikkan perintah dibawah ini:

sudo rmmod && psmouse psmouse modprobe sudo

Semoga bermanfaaat !!



              Next
              This is the most recent post.
              Posting Lama

              3 Komentar:

              1. terminal apa maksudnya nih? masa saya kalo gak pake mouse internal gak muncul pointernya ;;(

                BalasHapus
              2. untuk mengaktifkan gulir/scroll touchhpad Asus x43u tipe amd c50, tidak perlu driver synaptic. jika anda pakai windows 8.1 cukup update driver terbarunya di situs resmi asus. nama drivernya yaitu touchpad elantech. di asus x43u berhasil. ingat yg terbaru ya drivernya

                BalasHapus

               
              TOP